Buku merupakan jendela untuk melihat dunia. Dengan membaca, wawasan kita akan terus bertambah. Maka tidak heran jika tokoh-tokoh besar dan sukses tidak lepas dari yang namanya buku, salah satunya adalah Bill Gates.

Salah satu orang terkaya di dunia dengan penghasilan bersih sebesar $90 juta atau setara dengan Rp1 triliun ini nyatanya sangat gemar membaca dan belajar. Dari sekian juta buku yang sudah dibaca pendiri microsoft ini, ada beberapa buku yang sangat disarankan untuk dibaca oleh kita agar cepat meraih kesuksesan.

Buku apa sajakah itu? Berikut 10 buku terbaik rekomendasi Bill Gates seperti dilansir dari Wonderslist.com:

1. My Years with General Motors Karya Alfred Sloan

Diterbitkan pada tahun 1963, buku My Years with General Motors langsung laris manis. Buku karya Alfred Sloan ini membahas tentang 50 tahun perjalan hidup sang penulis dalam membangun perusahaannya.

Bagaimana dia mencapai sukses dalam perkerjaannya dan mengambil alih perusahaan. Bagaimana dia membuat perusahaan mendapatkan keuntungan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Semua hal ini diceritakan secara lengkap dalam salah satu buku rekomendasi Bill Gates ini. Buku Sloan memiliki nilai tinggi yang memberikan wawasan tentang kepemimpinan dan manajemen.

2. Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall Street karya John Brooks

Bill Gates mengatkan bahwa buku karya Jhon Brooks ini merupakan buku terbaik untuk memahami bisnis dan menjadi favoritnya.

“Hari ini, lebih dari dua dekade setelah Warren (Buffet) meminjamkannya kepada saya, buku Business Adventures tetap menjadi buku bisnis terbaik yang pernah saya baca. John Brooks masih penulis bisnis favorit saya.

Buku itu begitu dekat dengan Gates sehingga dia muncul dengan video singkat tentang hal itu. Video ini menampilkan wawancara dengan Warren Buffet dan para pemimpin bisnis terkenal lainnya. Bagi kamu ingin sukses berbinis cobalah baca buku rekomendasi Bill Gates ini.

3. Better Angels of Our Nature Karya Steven Pinker

Sebuah karya dari Steven Pinker ini membahas tentang penurunan kekerasan di dunia baik itu jangka pendek maupun jangka panjang serta alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Buku yang terbit tahun 2011 memberikan banyak data tentang kekerasan dari waktu ke waktu.

Dan melukiskan penurunan besar-besaran dari kekerasan segala bentuk hingga perbaikan dalam perawatan anak. Pria yang bernama lengkap William Henry “Bill” Gates III ini mengatakan bahwa buku ini memberikan pandangan panjang.

Buku ini menjadi salah satu buku rekomendasi Bill Gates dalam melihat sudut pandang lain pada dunia dengan pendekatan humanis. Buku The Better Angels of Our Nature ini merupakan salah satu buku yang menjadi inspirasi strategi Bill & Melinda Gates Foundation.

4. Tap Dancing to Work: Warren Buffett on Practically Everything, 1966-2012 karya Carol Loomis

Tap Dancing to Work merupakan kumpulan artikel dan esai yang mengesankan tentang investor tersukses di dunia, Warren Buffett. Selain itu ada beberapa artikel tulisan Buffett sendiri tentang bisnis.

Buku ini sangat diapresiasi oleh Bill Gates. Pria 62 tahun ini mengatakan bahwa buku ini akan memunculkan dua reaksi bagi siapa pun yang membacanya.

Pertama, bagaimana Warren sangat konsisten dalam menerapkan visi dan prinsip investasinya selama masa kariernya. Kedua, bahwa analisis dan pemahamannya tentang bisnis dan pasar tetap tak tertandingi. Oleh sebab itu buku tersebut termasuk juga dalam buku rekomendasi Bill Gates.

5. Where Good Ideas Come From Karya Steven Johnson

Buku ini menyajikan kerangka teoritis yang mengesankan tentang bagaimana ide-ide yang baik muncul dalam sejarah manusia dan membongkar mitos. Suami Melinda Gates ini mengatakan bahwa buku ini sangat penting terutama bagi orang-orang bisnis atau pendidikan.

“Ini adalah buku yang berharga. Terutama untuk orang-orang bisnis atau pendidikan. Buku ini berbicara tentang struktur kelembagaan yang memfasilitasi ide-ide bagus.

Bagaimana kamu membuat banyak orang berpikir tentang masalah-masalah canggih, bagaimana kamu menyatukan satu meja orang-orang dengan berbagai keahlian dan pengaruh.” Cukup menarik untuk dibaca dan menambah referensi dalam menciptakan ide bisnis baru.

6. Life is What You Make It Karya Peter Buffett

Meskipun lahir di keluarga yang makmur, Peter Buffett memilih untuk tidak berjalan dalam bayangan nama kedua orang tuanya yang terkenal. Anak Warren Buffett ini menemukan jalan hidupnya sendiri dan berhasil dalam hal itu.

Dalam buku ini Peter menceritkan perjalan hidupnya sebagai musisi dari membangun karir sejak nol sampai sukses seperti saat ini.

7. The Language Instinct: How the Mind Creates Language Karya Steven Pinker

Buku yang diterbitkan tahun 1994 merupakan buku studi klasik tentang semua kemungkinan karakter dan dimensi bahasa. The Language Instinct bisa dinikmati oleh khalayak umum.

Dalam karyanya ini, Steven Pinker membahas tentang bagaimana bahasa bisnis, bagaimana kita mempelajarinya, bagaimana otak kita memahaminya dan berubah akan seiring waktu.

Buku ini mendapatkan penghargaan William James Book dari American Psychological Association dan Public Interest Award, Linguistics Society of America.

8. Moonwalking with Einstein karya Joshua Foer

Bill Gates sangat memuji buku ini. Dia berkata bahwa bagian dari terindah dari buku ini adalah tentang penjelasan ingatan dan pengertian bukanlah dua hal yang berbeda.

Membangun kemampuan untuk berpikir dan kemampuan untuk mempertahankan informasi berjalan beriringan. Ingatan adalah elemen besar dari hal itu.

9. Academically Adrift: Limited Learning on College Campuses Karya Richard Arum and Josipa Roksa

Diterbitkan pada tahun 2011, buku ini meneliti tentang kondisi pendidikan tingat tinggi pada saat itu di Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan data transkrip, penilaian hasil belajar dan survei lebih dari 2.300 mahasiswa sarjana di 24 institusi pada semester pertama mereka dan sekali lagi pada akhir tahun kedua mereka.

Analisis menunjukkan bahwa 45 persen dari para mahasiswa ini menunjukkan tidak ada peningkatan signifikan dalam berbagai keterampilan- termasuk berpikir kritis, penalaran kompleks, dan menulis- selama dua tahun pertama kuliah mereka.

Pertama kali diterbitkan, buku mendapatkan sorotan dari media nasional dan memicu perdebatan tentang apa yang dipelajari para mahasiswa setelah mereka masuk ke perguruan tinggi. Buku ini wajib dimiliki oleh tenaga pendidik agar bisa melihat pendidikan dari kacamata yang berbeda.

10. The Ten Commandments for Business Failure Karya Donald R. Keough

Buku terbaik rekomendasi bill gates berjudul The Ten Commandments for Business Failure Karya Donald R. Keough

Amazon UK

Direktur Coca-Cola, Donald R. Keough membagi kisah karirnya selama 60 tahun pada dunia melalui buku The Ten Commandments for Business Failure. Donald dengan rinci membahas kegagalan yang pernah dia hadapi. Buku ini sangat inspiratif sekali dalam menghadapi masalah.

Tak hanya sebagai pebisnis andal, Bill Gates juga dikenal sebagai filantropi. Melalui Bill & Melinda Gates Foundation, banyak kegiatan sosial yang dilakukan demi kemanusiaan.
Sudah bukan rahasia bahwa membaca adalah salah satu kebiasaan para orang-orang sukses. Seorang Socio-Economist Randall Bell, Ph.D melakukan penelitian selama lebih dari 25 tahun, dan menemukan bahwa orang-orang sukses di dunia memiliki beberapa kebiasaan yang sama, yang disebutnya dengan rich habits.
Beberapa di antaranya adalah olahraga rutin, bangun pagi, membuat to-do list, rajin mencatat, dan membaca. Jika kamu ingin pengusaha sukses, ayo baca buku.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: 5 Pengusaha Sukses di Indonesia Yang Mengawali Semua Hanya Dari Hobi
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot