Istilah Startup Unicorn belum lama ini hangat manjadi perbincangan di masyarakat, apa itu Unicorn? Unicorn adalah sebuah istilah untuk perusahaan perusahaan rintisan (startup) yang memiliki valuasi US$ 1 miliar (Rp 14 triliun). Sedangkan Decacorn merupakan gelar bagi perusahaan rintisan yang memiliki valuasi atau nilai perusahaan di atas US$ 10 Miliar.
Istilah tersebut pertama kali diperkenalkan oleh pemodal kapital Aileen Lee pada tahun 2013. Lee menggunakan istilah unicorn untuk mendefinisikan perusahaan teknologi yang dinilai memiliki ide dan solusi tak biasa dengan valuasi lebih dari sama dengan US$ 1 miliar.
Valuasi startup merupakan nilai ekonomi dari bisnis yang digeluti suatu perusahaan rintisan. Valuasi biasanya dijadikan acuan untuk mengukur seberapa besar potensi bisnis sebuah perusahaan.
Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut merupakan beberapa startup dengan valuasi tertinggi di Indonesia. Mari disimak!

Go-Jek

mldspot.com


Yaitu dengan nilai valuasi US$9.5 Miliar.

Tokopedia

cdn.idntimes.com


Yaitu dengan nilai valuasi US$7 Miliar.

Traveloka

cloudfront.ne


Yaitu dengan nilai valuasi US$2 Miliar.

Bukalapak

wartaekonomi.co.id


Yaitu dengan nilai valuasi US$1 Miliar.
Valuasi bagi startup dapat dipertimbangkan sejak tahap awal berdiri bisnis belum mendapat pemasukan atau keuntungan. Aspek-aspek seperti jumlah dan nominal transaksi, jumlah pengguna, teknologi produk, kualitas tim, dan kompetitor akan dipertimbangkan oleh pendiri perusahaan atau investor.
Perlu dicatat tidak sedikit perusahaan teknologi dunia yang sudah mengantongi status unicorn namun belum menghasilkan keuntungan. Untuk mengantongi status seperti unicorn merupakan proses yang melibatkan berbagai pertimbangan dari banyak faktor. Termasuk perkiraan pertumbuhan bisnis satu perusahaan dalam jangka panjang.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Manfaat Personal Branding bagi Bisnis Anda

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot