Sudahkah Anda membaca akta perusahaan PT yang Anda dirikan? Kami menyarankan Anda untuk membaca terlebih dahulu akta perusahaan Anda, apalagi jika Anda berkeinginan melakukan perubahan anggaran dasar PT.
Banyak sekali kami temui klien yang tidak membaca akta perusahaan yang mereka dirikan. Padahal untuk melakukan perubahan anggaran dasar pt Anda perlu melakukan perubahan Akta. Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian anggaran  dasar serta prosedur perubahan akta.
Perubahan anggaran dasar pt perlu segera dilaporkan, jika terdapat kelalain dalam pelaporan perubahan maka akan mendapatkan sanksi seperti hukuman pidana. Namun jangan khawatir, melalui blog kali ini Anda dapat mencegah hal ini supaya tidak terjadi.
Jika Anda mempunyai pertanyaan untuk prosedur legalitas perubahan anggaran dasar pt anda dapat menghubungi konsultan kami disini.

Perubahan Anggaran Dasar PT

Pada saat Anda mendirikan PT, hal yang utama yang sering jadi  kendala adalah penetapan anggaran dasar untuk perusahaan Anda. Namun, pengertian anggaran dalam konteks ini tidak hanya melekat pada bentuk finansial seperti modal PT.
Anggaran dasar atau yang sering disingkat AD merupakan bagian dari akta perusahaan yang menjelaskan hak dan kewajiban dari manajemen PT serta pemegang saham PT tersebut. Ketika anda membuat PT pasti hal yang pertama yang akan ditanya adalah komisaris dan direktur perusahaan.
Anggaran dasar tidak hanya sepintas hak dan kewajiban saja. Namun juga mencakup nama PT, pemegang saham dan banyak lagi. Anggaran dasar PT telah diatur dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas nomor 40 tahun 2007 yang menyebutkan bahwa Anggaran dasar minimum memuat:

  • Nama dan temat kedududukan PT
  • maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan; Maksud dan Tujuan PT
  • Modal PT
  • Janka Waktu beririnya PT
  • jumlah saham, klasifikasi saham apabila ada berikut jumlah saham untuk tiap klasifikasi, hak-hak yang melekat pada setiap saham, dan nilai nominal setiap saham; Nama dan Jabatan untuj anggota Direksi dan Komisaris
  • nama jabatan dan jumlah anggota Direksi dan Dewan Komisaris; Jumlah Saham serta pemengang saham
  • penetapan tempat dan tata cara penyelenggaraan RUPS;
  • tata cara pengangkatan, penggantian, pemberhentian anggota Direksi dan Dewan Komisaris;
  • tata cara penggunaan laba dan pembagian dividen.

Jadi dapat disimpulkan bahwa anggaran dasar mencakup semua informasi yang terdapat pada akta perusahaan. Jika terdapat perubahan anggaran dasar maka Anda perlu melakukan perubahan segera mungkin.
Perubahan anggaran dasar PT hanya dapat dilakukan oleh pihak yang berwenang seperti lewat Emerhub. Ini dikarenakan dibutuhkan bantuan legalitas yang memerlukan jasa notaris ataupun konsultan hukum.

Persetujuan dari Menkumham

Banyak juga klien kami yang menanyakan apabila perubahan anggaran dasar pt memerlukan persetujuan dari Kementerian Hukum dan Ham (Menkumham)?. Tidak semua perubahan dapat dilakukan oleh kemenkumham. Beberapa perubahan memang mengharuskan persetujuan Kemenkumham seperti perubahan nama PT.
Sedangkan perubahan untuk susunan anggota direksi dan dewan komisaris tidak termasuk dalam perubahan anggaran dasar PT.  Perubahan ini disebut dengan perubahan data perseroan.
Anda dapat menyampaikan perubahan ini melalui pemberitahuan atas perubahan anggaran dasar kepada Kemenkumham. Untuk lebih jelas mengenai akta perubahan yang memerlukan persetujuan kemenkumham anda dapat melihat di bawah ini.


Perubahan anggaran dasar seperti nama, domisili, modal dan tujuan akan memerlukan persetujuan dari Kemenkumham. Untuk prosesnya dan persyaratannya Anda dapat melihat di bawah inil

Prosedur dan Biaya Perubahan Anggaran Dasar PT

Jika Anda ingin melakukan perubahan anggaran dasar pt, maka hal pertama yang harus dilakukan memberikan informasi yang jelas mengenai perubahan seperti apa yang Anda inginkan. Karena ketidak jelasan akan membuat Anda mengalami kerugian baik waktu dan uang Anda.
Untuk perubahan Anggaran dasar PT Anda wajib melampirkan dokumen-dokumen dibawah ini :

  • Akta Pendirian PT
  • NPWP
  • KTP dan KK Komisaris, Direktur, dan Pemegang Saham

Untuk perubahan anggaran dasar pt biasanya akan memakan waktu sekitar  1 minggu, jika perubahan tersebut hanya meliputi perubahan  akta perusahaan saja. Namun jika di akta perusahaan Anda yang baru, terdapat informasi yang tidak sama dengan dokumen-dokumen ketika Anda membuat PT, maka Anda juga wajib untuk merubah dokumen tersebut.
Beberapa dokumen tersebut seperti surat keterangan domisili perusahaan (SKDP), surat izin usaha perdagangan (SIUP) bagi perusahaan perdagangan, dan tanda daftar usaha (TDP). Jika perubahan juga akan merangkum dokumen-dokumen tersebut maka akan memerlukan waktu sekitar 1,5 bulan.
Namun kami dapat mempersingkat waktunya untuk Anda. Jika Anda memakai jasa dari Emerhub.
Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dulu dengan konsultan hukum untuk perubahan anggaran dasar pt. Ini dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tuntutan dari pihak ketiga atau pun masalah legalitas nantinya.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: 5 Syarat Pendirian PT Yang Wajib Anda Persiapkan Agar Lancar dan Cepat
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot