Jika anda berencana untuk mendirikan usaha di Indonesia. Ada baiknya untuk membaca artikel ini dulu. Kami banyak menemukan klient kebingunan dengan proses dan persayaratan untuk mendirikan usaha di Indonesia. Berikut empat hal yang harus anda ketahui untuk medirikan usaha di Indonesia.

1. Kode Bidang Usaha

Untuk mendirikan usaha di Indonesia terdapat peraturan-peraturan hukum yang harus Anda penuhi. Salah satunya adalah mengindentifikasi bidang usaha Anda. Mengetahui jenis bidang usaha apa yang akan Anda jalankan sangat penting.
Hal ini dikarenakan, Anda perlu meregistrasi usaha Anda. Karena itu, mengetahui kode bidang usaha Anda akan sangat membantu. Sebenarnya dalam hal ini, anda dapat melihat sendiri di KBLI. Akan tetapi kami sarankan untuk menggunakan jasa konsultasi seperti Emerhub.
Ini dikarenakan, banyaknya klasifiksai dan pengertian-pengertian yang mungkin asing ditellinga Anda. Karena itu untuk menghidari kesalahpahaman jasa konsulatasi hukum akan sangat membantu. Akibat dampak dari perkembangan teknologi dan informasi  pemerintah Indonesia membuat penyesuaian terhadap Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).
Proses penyesuaian terbaru  ini terdapat di perta no 19 tahun 2017 yang merupakan perubahan dari Perta 95 tahun 2015 yang dikeluarkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS). Salah satu perubahan dapat terlihat dari tamabahan kode usaha untuk portal web, sebagai contoh kode 6321 adalah untuk bidang usaha portal web atau platform digital tanpa tujuan komersial, sedangkan kode  6322 adalah portal web/platform digital untuk tujuan komersial.

2. Domisili Mendirikan Usaha

Yang paling penting untuk diingat adalah untuk domisili alamat usaha peraturannya berbeda-beda antar daerah. Sebagai contoh di bebebrapa daerah Anda dapat mengunakan alamat rumah untuk domisli, namun untuk Jakarta alamat domisli usaha harus di zona usaha. Ini sudah di tetatpkan berdarsarkan Perda DKI no 1 tahun 2014.
Pemerintah DKI Jakarta telah memeberikan batas waktu sampai Febuari 2017 untuk usaha yang tidak bertempat di zona yang ditetapkan. Bagi pegusaha yang nakal dan masih belum menetapkan usahanya di zona usaha akan mendapatkan sanksi administrasi  seperti yang di tetapkan dalam pasal 63 UU tata ruang.

      1. peringatan tertulis;
      2. penghentian sementara kegiatan;
      3. penghentian sementara pelayanan umum;
      4. penutupan lokasi;
      5. pencabutan izin;
      6. pembatalan izin;
      7. pembongkaran bangunan;
      8. pemulihan fungsi ruang; dan/atau
      9. denda administratif

Tidak hanya sanksi administrasi yang akan di berikan, tetapi juga terdapat sanksi pidana yaitu kurungan 3 tahun penjara, atau denda sebesar  Rp 500.000.000 yang telah dibuat dalam pasal 69 ayat 1 UU Tata Ruang.
Mungkin bagi Anda yang belum merasa perlu kantor atau dengan limited finansial bisa menggunakan jasa kantor virtual. Pemerintah DKI Jakarta memperbolehkan virtual office seperti yang  di jelaskan dalam Surat Edaran Kepala BPTS DKI Jakarta No. 6 tahun 2016. Kami menyandari bahwa harga property di zona bisnis di Jakarta sangat mahal.
Karena itu melalui peraturan ini, Emerhub memberikan jasa kantor virtual di pusat bisnis di Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat melihat disini atau hubungi langsung konsultan kami.

3. SIUP DAN TDP

Kemudahan untuk pengurusan SIUP dan TDP telah dibuat pemerintah untuk kenyaman dalam mendirikan usaha. Sekarang SIUP sudah dapat dilakukan secara online, sebagai tamabahan izin usaha berlaku selama usaha tetap berjalan dalam arti kata tidak ada batasan selama usaha yang didirikan masih beroperasi. Sebaliknya untuk TDP sendiri biaya administrasinya telah di hapuskan.

4. BPJS

Berdasarkan UU no 24 tahun 2011 menyatakan bahwa pemeberi kerja wajin mendaftarkan dirinya dan perkerja usahanya ke BPJS. Tujuan dari BPJS ini dalam rangka memberikan kesejahteraan kepada buruh. Di Jakarta, persayaran BPJS ini hanya berlaku usaha dengan tipe perdaganag besar dan usaha konstruksi. Ini sesuai dengan surat edaran pemerintah DKI Jakarta SE No. 24 tahun 2016.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Bagaimana Cara Mendirikan CV Agar Aman?
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot