Semua perusahaan yang terdaftar di Indonesia harus membayar dan melaporkan pajak yang berlaku serta menyerahkan laporan keuangan usaha tahunan. Dalam panduan ini, Anda akan menemukan persyaratan penting untuk mempersiapkan laporan pajak Anda.

Kapan batas waktu untuk melaporkan pajak tahunan di Indonesia?

Jika tahun fiskal perusahaan Anda dari 1 Januari hingga 31 Desember. Maka laporan keuangan serta laporan pajak penghasilan tahunan perusahaan Anda untuk 2018 diserahkan paling lambat 30 April 2019.

Namun, jika tahun fiskal perusahaan Anda berbeda dari tahun kalender, batas waktu pelaporan adalah empat bulan setelah akhir tahun fiskal Anda.

financial statement in Indonesia

Anda harus menyerahkan laporan pajak penghasilan perusahaan dan laporan keuangan Anda di Indonesia ke kantor pajak regional Anda. Jika omset tahunan Anda lebih dari Rp50 miliar (~ US $ 3,5 juta), Anda perlu mengaudit laporan keuangan Anda juga.

Apa konsekuensi dari keterlambatan atau tidak ada pelaporan di Indonesia?

Kegagalan untuk mematuhi persyaratan akuntansi dan kepatuhan Indonesia akan menghasilkan penalti bunga bulanan atas keterlambatan pembayaran mulai dari 2% dan mencapai hingga 48%. Jika Anda melebihi batas waktu bahkan satu hari, itu dihitung sebagai satu bulan penuh, dan petugas pajak akan mengenakan hukuman yang sesuai.

Juga, ingat bahwa perusahaan yang gagal mematuhi akan menerima perhatian yang meningkat dari pejabat pajak di masa depan. Undang-undang perpajakan Indonesia sering berubah dan tidak mengetahui beberapa peraturan tidak berarti Anda tidak harus mengikutinya.

Faktanya, tidak melaporkan pajak dengan benar adalah salah satu dari tujuh kesalahan umum yang dilakukan investor asing di Indonesia.

Hindari risiko yang tidak perlu menempatkan diri Anda atau perusahaan Anda dalam posisi yang rentan dan berkonsultasi dengan konsultan pajak Emerhub agar pelaporan pajak dan kepatuhan Anda di Indonesia dilakukan dengan cara yang benar. Hubungi kami melalui [email protected] atau telepon/whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB).

Data apa yang dimasukkan dalam laporan keuangan?

Menurut Standar Akuntansi Keuangan Indonesia (SAK), laporan keuangan tahunan Anda harus terdiri dari informasi berikut:

  1. Neraca keuangan termasuk aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik perusahaan;
  2. Laporan laba rugi menunjukkan pendapatan, pengeluaran, dan laba perusahaan Anda di tahun sebelumnya;
  3. Laporan arus kas yaitu aktivitas arus kas perusahaan Anda;
  4. Pernyataan perubahan ekuitas perusahaan yaitu laporan tentang perubahan ekuitas selama setahun terakhir;
  5. Catatan untuk laporan keuangan yaitu uraian item dalam laporan tersebut di atas secara lebih rinci.

Ingatlah bahwa Anda harus memiliki semua catatan akuntansi dan laporan keuangan Anda dalam bahasa Indonesia kecuali Anda telah mendapat izin dari Departemen Keuangan untuk menggunakan bahasa yang berbeda.

Ingin melewatkan keharusan mempelajari hukum pajak Indonesia yang rumit? Tim akuntan kami yang berpengalaman akan dengan senang hati membantu dan menyiapkan laporan keuangan Anda atas nama Anda. Hubungi kami melalui telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB).

Cara mengurangi pajak penghasilan badan di Indonesia

Untuk badan hukum, setiap laba yang diterima perusahaan (pendapatan kotor dikurangi biaya/pengeluaran) selama tahun sebelumnya dikenakan pajak.

Perhatikan bahwa di Indonesia, sebagian besar pengeluaran langsung dan tidak langsung dapat dicatat sebagai pengeluaran yang akan membantu Anda mengoptimalkan kewajiban pajak Anda. Ini termasuk:

  1. Setiap biaya operasional langsung, seperti persediaan, gaji, biaya perjalanan, asuransi, promosi / pemasaran, administrasi, semua pajak yang dipotong oleh pihak ketiga;
  2. Biaya amortisasi;
  3. Kerugian atas transfer aset atau valuta asing;
  4. Biaya beasiswa dan pelatihan;
  5. Piutang usaha tidak tertagih;
  6. Sumbangan untuk bencana nasional, infrastruktur sosial, fasilitas pendidikan, kebugaran.

Indonesia juga sangat mendukung usaha kecil dan menengah (UKM). UKM di Indonesia dengan pendapatan tahunan kurang dari Rp 4,8 miliar (USD 320.000) dapat mengajukan tarif pajak penghasilan yang lebih rendah yang bahkan berkurang menjadi 0,5% pada Juli 2018 yang sebelumnya adalah 1%.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan pajak perusahaan Anda di Indonesia? Baca lebih lanjut tentang penurunan tarif pajak penghasilan di Indonesia atau hubungi konsultan pajak kami untuk konsultasi gratis melalui telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB).

Image result for pajak

tstatic.net

SPT Tahunan di Indonesia

Perusahaan-perusahaan di Indonesia juga dapat mengajukan SPT tahunan yang batas waktunya pada 30 April.

Tarif pajak penghasilan umum untuk perusahaan di Indonesia adalah 12,5-25% dari laba. Jika Anda membayar pajak penghasilan berdasarkan tarif pajak umum, Anda juga dapat mengajukan pengembalian pajak tahunan. Namun, jika Anda telah menggunakan tarif pajak penghasilan sebesar 0,5%, Anda tidak dapat mengajukan pengembalian pajak di Indonesia.

Juga, perlu diingat bahwa melamar pengembalian pajak tidak selalu berarti bahwa Anda akan mendapatkan uang kembali. Otoritas pajak dapat menolak aplikasi Anda atau melakukan audit pajak menyeluruh sebelum mereka menerima aplikasi pengembalian pajak Anda yang dapat mengakibatkan Anda harus membayar ekstra.

Untuk alasan ini, sebaiknya berkonsultasi dengan akuntan dan konsultan pajak terlebih dahulu untuk memastikan Anda telah melakukan pelaporan pajak di Indonesia dengan benar dan membuat perubahan jika perlu.

Ayo hubungi konsultan kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB) untuk konsultasi gratis secara langsung!
sumber: Emerhub

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot