Istilah entrepreneur tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Nah, kata entrepreneur ini bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia punya arti sebagai wirausahawan. Pada Intinya, seorang wirausahawan atau entrepreneur ini adalah orang yang membuka usahanya sendiri dengan berbagai sifat dan ciri khusus yang dimilikinya.
Ternyata, penyebutan entrepreneur ini adalah penyebutan istilah yang masih terbilang umum untuk menjelaskan tentang seorang wirausahawan. Karena, rupanya masih ada lho penyebutan macam-macam entrepreneur lainnya yang lebih spesifik sesuai bidang dan tujuan yang dimaksud. Dilansir dari idntimes.com mari disimak dulu penjelasannya di bawah ini.

1. Foodpreneur

Warunk Upnormal

cdn.moneysmart.id (Warunk Upnormal)


Sering dengan gaya hidup khususnya berkembang di kota besar yaitu berkuliner. Saat ini istilah foodpreneur ini mungkin tidak begitu asing di telinga. Ya, foodpreneur adalah sebutan bagi mereka yang menjalankan usaha di bidang kuliner atau makanan.
Nah, para foodpreneur pada zaman sekarang ini makin eksis dengan adanya media sosial sehingga tak jarang produk kuliner maupun usaha kuliner mereka bisa makin dikenal oleh masyarakat umum, bahkan ada yang sampai viral lho. Jadi, gak heran nih kalau sampai saat ini menjadi seorang foodpreneur masih digemari terutama oleh para Milenial.

2. Technopreneur

bp.blogspot.com (Tokopedia)


Dengan semakin berkembangnya zaman, para entrepreneur pun sepertinya tak mau ketinggalan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Ya, technopreneur itu sebutan bagi seorang entrepreneur dengan menggunakan bantuan teknologi untuk melakukan usaha sesuai maksud dan tujuannya. Walaupun technopreneur di Indonesia masih terbilang baru tapi perkembangan dan dampaknya sudah cukup terasa dan berlangsung dengan cepat.
Contoh technopreneur dunia yang sangat sukses membangun usahanya:

  • Bill Gates yang terkenal dengan Microsoft.
  • Mark Zuckerberg yang sukses dengan media sosialnya yang bernama Facebook.
  • Larry Page dan Sergey Brin yang dikenal dengan mesin pencari terbesar di dunia, Google.

Nah, bisnis berbasis teknologi ini pastinya juga masih sangat potensial bagi kamu yang suka berinovasi dan mempunyai passion tinggi di bidang teknologi dan bisnis.

3. Ecopreneur

bp.blogspot.com (Sayur Box)


Tak jauh berbeda dari technopreneur, seorang ecopreneur juga mempunyai tujuan dalam menjalankan usahanya. Nah, ecopreneur adalah seorang wirausahawan yang dalam menjalankan usahanya sangat peduli akan kelestarian dan dampaknya bagi lingkungan.
Sehingga, secara langsung tak langsung usaha yang mereka lakukan berdampak positif bagi lingkungan. Misalnya, dengan menciptakan dan memasarkan produk-produk yang ramah lingkungan. Keren banget ya!

4. Mompreneur

cdninstagram.com (HQQ drink)


Mompreneur berarti ibu-ibu yang menjalankan usaha atau bisnis di tengah kesibukannya sebagai seorang ibu rumah tangga. Hal ini benar-benar menjadi tantangan bagi seorang ibu, dimana ia harus mampu membagi waktu antara keluarga dan usaha.
Adanya mompreneur juga membuktikan bahwa seorang ibu juga mampu mandiri, kreatif serta bertanggung jawab terhadap keluarga dan dirinya sendiri. Apalagi di era digital sekarang ini, mompreneur lebih leluasa untuk menjalankan usahanya dengan perkembangan teknologi dan informasi yang ada.

5. Sociopreneur

dailysocial.id (Ruang Guru)


Nah, kalau jenis entrepreneur yang satu ini punya tujuan ganda dalam menjalankan usahanya. Sociopreneur berasal dari kata social dan entrepreneur sehingga jelas banget bahwa sociopreneur adalah mereka yang menjalankan usaha untuk mencapai tujuan keuntungan sekaligus tujuan sosial yang bermanfaat bagi banyak orang.
Wah, tentu jenis entrepreneur yang satu ini mulia banget ya guys. Apa sih contoh dari manfaat adanya sociopreneur yang sudah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari? Salah satunya adalah dengan bermunculan perusahaan jasa transportasi online yang sangat membantu masyarakat umum mengenai masalah-masalah terkait transportasi sekarang ini, terlepas dari pro dan kontra yang terjadi. Para penyedia jasa transportasi online seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sebenarnya juga termasuk technopreneur sekaligus sociopreneur lho.
Intinya, dari sociopreneur ini kita bisa belajar bahwa dalam menjalankan usaha yang profit oriented  kita juga mampu menciptakan dampak positif bagi banyak orang lain melalui berbagai terobosan dan inovasi.
Akhir kata, macam-macam entrepreneur tidak terbatas pada penjelasan di atas saja ya, semoga kedepannya makin bertambah lagi berbagai macam entrepreneur lainnya yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain ya!
 
Butuh bantuan untuk mendaftarkan nama usaha Anda? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Muda dan Sukses Berbisnis, ini Tipsnya!

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot