Bill Gates adalah salah satu sosok yang paling berpengaruh di dunia bisnis dan teknologi. Menjadi orang terkaya di dunia dengan perusahaan sebesar Microsoft, sekaligus kegiatan sosial yang tak hanya satu melainkan jamak, Bill Gates menjadi satu rujukan bagi siapapun yang ingin menjadi calon pengusaha sukses.
Sudah bukan rahasia pula bahwa Bill Gates seorang  “pembaca buku” yang rajin. Dalam website pribadinya, yaitu The Gates Notes, dia sering berbagi review mengenai buku favoritnya. Tentu sangat menarik untuk mengetahui buku-buku apa saja yang dibaca oleh orang yang pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia ini.
Sedikitnya 4 buku ini harus kamu baca, bila ingin jadi pengusaha sukses seperti Bill Gates.

1. Ibarat kitab suci, Business Adventures wajib hukumnya


Tahun 1991, Gates bertanya kepada Warren Buffet tentang buku favoritnya. Buffet menjawab dengan mengirimkan satu copy buku Business Adventures karya John Brooks. Hingga saat ini, Business Adventures masih menjadi buku bisnis favoritnya.
Bagi Gates, sangat menakjubkan bahwa buku yang terbit di tahun 1960an bisa bicara sangat banyak mengenai dunia bisnis saat ini. Jika businesmen sejati seperti Bill Gates saja menganggap ini kitab suci bisnisnya, tentu buku ini lebih dari layak untuk dibaca.

2. Bill Gates merasa pintar setelah membaca Energy and Civilitation: A History


Vaclav Smil adalah pengarang favorit Bill Gates. Dalam blog pribadinya The Gates Note, disebutkan bahwa Bill Gates sudah membaca sekitar 37 buku Smil, dan Energy and Civilitation: A History adalah salah satu favoritnya. Buku ini mengulas secara mendalam tentang perjalanan inovasi dalam sejarah kehidupan manusia.
Bagaimana manusia belajar mengumpulkan makanan, hingga mengubah energi menjadi gerak, panas, dan lain sebagainya. Bagi Gates, buku ini sangat mencerahkan terutama bagaimana energi membuat segalanya jadi mungkin.

3. Kita juga dapat belajar menjadi calon pengusaha sukses dari novel. Seperti The Best We Could Do 


“To understand how my father become the way he was, I had to learn what happened to him as a little boy”
Barangkali banyak yang mengira bahwa Bill Gates hanya membaca buku bisnis saja. Padahal banyak juga novel yang masuk dalam buku rekomendasinya. Salah satunya adalah The Best We Could Do, autobiografi karya Thi Bui yang menceritakan tentang hidupnya sebagai anak imigran Vietnam. Bagi Gates, buku ini mengajarkan sebuah cara untuk memahami orang tua kita.

4. Ingin Jaid Pengusaha Humanis Baca The Better Angels of Our Nature 

Ingin Jaid Pengusaha Humanis Baca The Better Angels of Our Nature 

Sumber wweek.com


“Steven Pinker’s The Better Angels of Our Nature: Why Violence Has Declined stands out as one of the most important books I’ve read—not just this year, but ever.”
Tak hanya sebagai pebisnis andal, Bill Gates juga dikenal sebagai filantropi. Melalui Bill & Melinda Gates Foundation, banyak kegiatan sosial yang dilakukan demi kemanusiaan. Buku The Better Angels of Our Nature merupakan salah satu buku yang menjadi inspirasi strategi Bill & Melinda Gates Foundation.
Dengan semangat yang optimis, buku ini menjelaskan bahwa seiring berjalannya waktu, peradaban manusia semakin humanis dan jauh dari kekerasan.
Sudah bukan rahasia bahwa membaca adalah salah satu kebiasaan para orang-orang sukses. Seorang Socio-Economist Randall Bell, Ph.D melakukan penelitian selama lebih dari 25 tahun, dan menemukan bahwa orang-orang sukses di dunia memiliki beberapa kebiasaan yang sama, yang disebutnya dengan “rich habits”.
Beberapa di antaranya adalah olahraga rutin, bangun pagi, membuat to-do list, rajin mencatat, dan membaca. Jika kamu ingin pengusaha sukses, ayo baca buku.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: 5 Pengusaha Sukses di Indonesia Yang Mengawali Semua Hanya Dari Hobi
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot