Franchise atau bisnis waralaba merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan merek yang sudah mapan ketika Anda ingin membuka usaha.
Melonjaknya perekonomian ekonomi di Indonesia terutama untuk kaum menengah telah membuat lingkupan bisnis Indonesia tumbuh pesat terutama franchise. Dapat dilihat banyaknya bisnis waralaba yang menjamur di Indonesia  baik itu yang domestik maupun luar.
Namun di Indonesia regulasi untuk usaha franchise begitu kompleks dan regulasi yang cukup luas. Ini tentu saja menyulitkan pengusaha yang ingin mengambil bagian di bidang waralaba ini.
Pada blog kali ini Emerhub akan menjelaskan persyaratan, pendaftaran waralaba dan prosedur yang harus diambil untuk memulai franchise di Indonesia.

Menyiapkan Usaha Franchise di Indonesia

Dua aktor utama untuk usaha waralaba adalah  franchisee dan franchisor. Di Indonesia kedua aktor ini dapat berbentuk badan hukum seperti pendirian PT atau mendirikan Firma atau CV, namun mereka juga dapat berbentuk perorangan.

3 hal yang perlu Anda ketahui tentang Franchise di Indonesia

  1. Tidak ada aturan bagi pemilik  franchise atau waralaba untuk melakukan uji coba sebelum waralaba atau untuk mengambil pembayaran awal dari pewaralabaan.
  2. Tidak ada keanggotaan wajib dari setiap bisnis atau organisasi Indonesia untuk pemilik waralaba atau franchisee untuk mengoperasikan atau menjalankan bisnis di Indonesia.
  3. Baik franchisor dan franchisee diharuskan untuk mendapatkan STPW, dan kegagalan untuk melakukannya akan mendapatkan sanksi, seperti peringatan tertulis untuk 3 kali dan penalti hingga maksimum Rp 100 juta.

Ketentuan Untuk Membuat Franchise atau Waralaba

Dokumen pengungkapan harus didaftarkan dan pemilik waralaba harus telah memperoleh sertifikat pendaftaran waralaba (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba) sebelum memasuki perjanjian waralaba dengan franchisee Indonesia.
Pendaftaran yang sebenarnya biasanya membutuhkan waktu hingga 3 bulan atau lebih untuk diselesaikan – tetapi kami di Emerhub dapat mempersingkatnya untuk Anda!

Cara mendapatkan Sertifikat Pendaftaran Waralaba (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba / STPW)

Anda dapat melihat tahapan di bawah ini mengenai persyaratan utama kedua pihak untuk mendapatkan STPW. Pendaftaran Tanda Waralaba STPW / Surat ini berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang.
1. Franchisor 
– Daftarkan Prospek Penawaran dari Program waralaba ke Kementerian Perdagangan.
Catatan: Prospek penawaran harus dilegalisir oleh Notaris Publik dan Kedutaan Besar Indonesia (Atase Perdagangan) tempat Franchisor berada.
– Untuk memberikan Perjanjian Waralaba Utama.
2. Franchisee
– Mendaftar Perjanjian Waralaba ke Kementerian Perdagangan

Perjanjian Franchise atau Waralaba

Franchisor harus memberikan prospek penawaran pada bisnis waralaba ke franchisee 2 minggu terakhir sebelum menandatangani perjanjian waralaba. Tawaran prospek harus dalam Bahasa Indonesia. Perjanjian waralaba harus didasarkan pada Hukum Indonesia dan dalam Bahasa Indonesia.

Persyaratan pra-kontrak Franchise

Informasi di bawah ini harus ditentukan dalam dokumen pengungkapan:

  • Bukti identitas pemilik waralaba
  • Dokumen hukum dari bisnis waralaba
  • Riwayat bisnis pemilik waralaba
  • Struktur organisasi pemilik waralaba
  • Neraca yang diaudit selama dua tahun terakhir, kecuali untuk usaha mikro dan kecil
  • Jumlah bisnis waralaba
  • Daftar franchisee

Sebagai dokumen pengungkapan yang dibuat oleh franchisor asing harus dilegalisir, Emerhub juga menawarkan layanan legalisasi.

Persyaratan Teknis Untuk Franchise

  • Baik pemilik waralaba maupun franchisee diharuskan menggunakan setidaknya 80% bahan mentah dari Indonesia. Dengan cara, peralatan bisnis dan barang dagangan dalam bisnis harus diproduksi di dalam negeri.
  • Semua pemilik waralaba harus bekerja sama dengan perusahaan skala kecil dan menengah sebagai pewaralaba atau pemasok untuk membuktikan kemampuan mereka dan untuk memenuhi persyaratan pemilik franchise atau waralaba.

Ingin membuka Bisnis Franchise di Indonesia?

Kami telah memberikan semua informasi yang Anda butuhkan untuk membantu Anda memutuskan apakah waralaba tepat untuk Anda. Selain itu Anda perlu mengetahui 2 hal yang dapat dipertimbangkan sebelum menjalankan bisnis waralaba disini.
Menjadi pemilik waralaba mungkin bukan cara otomatis untuk sukses, tetapi dengan Kami dapat membantu Anda untuk mencapai impian Anda dalam berusaha.
Selain itu, hukum Indonesia saat ini yang mengatur waralaba dirancang untuk melindungi konsumen atau usaha kecil, sehingga waralaba tetap menjadi salah satu cara teraman bagi semua orang yang ingin menjadi pemilik bisnis.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Nomor Induk Berusaha (NIB): Mudahkan Pengurusan Izin Usaha
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot