Berencana membuka usaha tahun 2018?. Pastinya kamu harus menentukan dulu bidang usahanya dan badan hukum. Kamu bisa mendirikan PT, CV atau perseorangan. Namun, kamu harus tahu juga bidang usaha dan peluangnya di tahun 2018.
Emerhub merangkum 4 bidang usaha yang akan tumbuh pesat di Indonesia dan akan menjadi peluang usaha yang besar di tahun 2018.Silakan disimak sembari dibuat bahan pertimbangan usaha apa yang akan kamu jalankan di tahun depan.

1. Fintech layanan keuangan berbasis teknologi

Fintech dianggap bisa memudahkan transaksi keuangan via finansialku.com


Fintech atau kepanjangan dari Financial Technology adalah perusahaan keuangan yang memanfaatkan teknologi sebagai pendukungnya. Fintech di Indonesia sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam peraturan Nomor 77/POJK.01/2016. Fintech banyak diminati lantaran dinilai praktis dan mudah.
Hal ini terbukti jika dilihat berdasarkan data Accenture, yang menyebutkan investasi global dalam usaha ini naik tiga kali lipat dari USD 928 juta menjadi USD 2,97 miliar hanya dalam rentang waktu 5 tahun (2008 – 2013). Pada 2018, angka ini diperkirakan akan terus naik hingga USD 6 – USD 8 miliar.
Perbankan di Indonesia sudah mulai banyak yang menciptakan mobile dan internet banking untuk nasabahnya. Bank QNB Indonesia mencatat dari sekitar 60 juta pemilik akun bank, sekitar setengahnya sudah menggunakan mobile channel. Sementara OJK melaporkan jumlah nasabah pengguna e-banking meningkat 270 persen, dari 13,6 juta orang di tahun 2012 menjadi 50,4 juta orang di tahun 2016.
Di Indonesia, Fintech sendiri tak hanya bisa dikembangkan oleh perbankan saja, namun perusahaan swasta yang menawarkan layanan keuangan berbasis teknologi, seperti Home Credit atau DuitPintar. Bidang usaha ini akan  menjadi salah satu lahan bisnis paling potensial di tahun 2018.

2. E-Commerce jadi salah satu situs yang banyak dilirik

Pengguna internet meningkat, pola jual beli pun berubah via businessnewsdaily.com


Berdasarkan laporan Tetra Pax Index 2017 yang dilansir Detik, setidaknya di Indonesia terdapat 132 juta pengguna Internet. Tingginya angka pengguna Internet ini tentu bisa jadi peluang baik bagi pelaku usaha yang memanfaatkan internet sebagai layanannya, salah satunya e-commerce. Per Desember 2016 saja, terdapat 8,7 juta konsumen yang bertransaksi di toko online.
Jumlah ini meningkat pesat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebesar 7,4 juta konsumen. Pemerintah sendiri telah mendukung penuh bidang usaha ini dengan adanya bisnis e-commerce di Indonesia. Menkominfo Rudiantara bahkan menargetkan pada tahun 2020, nilai bisnis untuk  usaha ini akan menembus US$ 130 miliar.

3. Angin segar bagi industri Pariwisata Indonesia

Aplikasi pariwisata seperti ini bisa menjanjikan via kaltim.tribunnews.com


Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah yang memang ingin menyerap lebih banyak wisatawan. Salah satunya dengan bertambahnya jumlah negara-negara yang bisa bebas visa ke Indonesia.
Bagi para pelaku usaha bidang pariwisata, tentu kabar ini jadi peluang yang sangat menjanjikan. Begitupun bagi mereka yang baru berencana memulai usaha di bidang ini. Sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis di sektor pariwisata, kamu bisa melihat informasi lebih lanjut soal potensi membuka usaha di bidang pariwisata di Indonesia disini.

4. Industri kreatif penunjang ekonomi Indonesia

Industri kreatif jadi tonggak perekonomian via bandung.bisnis.com


Bidang bisnis menjanjikan lainnya ada pada bidang industri kreatif. Khususnya di Indonesia, industri ini berkembang dengan sangat cepat. Para ahli dan pakar ekonomi menyatakan bahwa sebagian pendapatann negara berasal dari industri kreatif. Hingga 2017 total nilai ekspor produk industri kreatif mencapai Rp852 triliun.
Hal ini disebabkan karena industri kreatif sangat luas dan bervariasi bentuknya seperti periklanan, fashion, film, sastra, kuliner, kerajinan dan masih banyak lagi. Apapun yang berasal dari kreasi manusia bisa dijadikan sebagai industri kreatif, tinggal bagaimana kita menemukan celah potensinya.
Semoga empat bidang usaha di atas bisa memberi inspirasi bagi kamu. Yang harus diingat, sebelum memulai usaha, sebaiknya kamu mampu mengenali diri sendiri dulu, seperti apa kesenangan dan passion-mu, dan apa tujuan usahamu ke depannya nanti. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu benar-benar siap menghadapi segala tantangan ke depannya.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: 10 Alasan Mengapa Anda Harus Mendirikan PT
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot