Pendirian kantor cabang tentu lebih mudah dibandingkan membuka pt baru. Karena legalitas perusahaan induk dapat digunakan, ketika proses pendirian kantor cabang.
Kantor cabang didefinisikan  sebagai  anak atau bagian dari perusahaan induk yang berbeda lokasi namun juga dapat berdiri sendiri. Karena itu kantor cabang dapat mempunyai kewenangan untuk mempunyai tugas dan fungsi berbeda dari perusahaan induk.
Perusahaan asing atau lokal dapat mendirikan kantor cabang di Indonesia. Seperti yang telah dipertegaskan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) No. 13 tahun mengenai Pedoman dan Tata Cara Perizinan Penanaman Modal.
Keberadaan kantor cabang dianggap dapat memberikan keuntungan besar, apalagi jika perusahaan anda ingin terus berkembang. Selain itu alasan lain pendirian kantor cabang adalah adanya potensi yang besar dari daerah-daerah yang berbeda atas permintaan jasa atau barang dari usaha.

Legalitas Pendirian Kantor Cabang

Proses pendirian kantor cabang tidaklah serumit proses pendirian perusahaan baru. Anda tidak perlu memulai prosedur dari awal seperti pembuatan akta. Anda hanya perlu melampirkan akta perusahaan induk yang telah disahkan oleh KEMENKUMHAM.
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) wajib dilampirkan, namun biasanya SIUP dari kantor pusat dapat juga digunakan ketika anda ingin mendirikan kantor cabang.
Berdasarkan  Pasal 4 ayat (1) huruf b Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (“Permendag 36/2007”)  yang telah diamandemen Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 46/M-DAG/PER/9/2009 (“Permendag 46/2009”) yang menyebutkan:
Kewajiban memiliki SIUP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1), dikecualikan terhadap:
a.    Perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di luar sektor perdagangan;
b.    Kantor Cabang atau Kantor Perwakilan;
c.    Perusahaan Perdagangan Mikro dengan kriteria sebagai berikut:

1.    usaha perseorangan atau persekutuan;

2.    kegiatan usaha diurus, dijalankan, atau dikelola oleh pemiliknya atau anggota keluarga/kerabat terdekat; dan

3.    memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Dokumen Pendirian Kantor Cabang

Setiap badan usaha dapat mendirikan kantor cabang. Akan tetapi kami menyarankan anda untuk mendirikan PT terlebih dahulu dibandingkan dengan bentuk badan usaha lainnya. Ini dikarenakan akan lebih aman dan juga status badan hukum yang akan anda dapatkan atas perusahaan anda itu.
Beberapa dokumen kantor cabang dapat menggunakan dokumen dari kantor pusatnya seperti Akta Perusahaan, SK KEMENKUMHAM, dan SIUP. Sedang untuk dokumen-dokumen lainnya kantor cabang harus melengkapinya sendiri.

Dokumen Pendirian Kantor Cabang

Kantor cabang harus memiliki domisilinya, karena itu SKDP untuk kantor cabang tidak dapat menggunakan perusahaan induk. Ini dikarenakan SKDP bukanlah kewenangan dari pemerintah pusat, namun telah diserahkan sepenuhnya ke pemerintah daerah.
Setiap daerah memiliki peraturan berbeda untuk pengurusan usaha seperti pendirian pt. Karena itu jika anda ingin mendirikan kantor cabang pelajari dulu perizinan untuk pendirian usaha anda.
Salah satu peraturan yang wajib anda ketahui adalah mengenai zonasi usaha. Jika anda menyewa tempat usaha pelajari dulu 5 hal ini. Beberapa daerah di Indonesia seperti DKI Jakarta hanya membenarkan usaha berada di zona usaha. Untuk informasi lebih lanjut mengenai domisili perusahaan anda dapat
Setelah anda mendapatkan SKDP untuk kantor cabang, maka langkah berikutnya adalah pengurusan Tanda Daftar Usaha (TDP). Kantor pusat tidak dapat menggunakan TDPnya, jika ingin mendirikan kantor cabang. Jadi kantor cabang harus mempunyai TDP sendiri.

Kesimpulan

Setiap perusahaan baik itu perusahaan asing atau lokal dapat membuka kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa dokumen seperti akta dan SIUP dapat menggunakan kantor pusat.
Namun dokumen-dokumen lainnya yang merupakan kewenangan dari daerah masing-masing wajib dilampirkan tersendiri. Dokumen yang dimaksud adalah SKDP dan TDP kantor cabang.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Berikut Tips Ampuh Mencari Kantor di Jakarta
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot