Startup tidak selalu menjanjikan kesuksesan dan happy ending. Dibalik kesuksesan bisnis Startup memiliki proses yang cukup panjang. Sekitar 90 persen startup berakhir gagal, dan hanya 1 persen yang berkembang jadi unicorn.
Banyak hal positif yang bisa dijadikan pelajaran dari banyaknya kegagalan agar tidak terjadi pada Anda. Berikut dilansir dari CB Insights yang meneliti alasan dari fenomena yang paling sering membuat startup gagal, mari disimak!

dailysocial.id

Tidak Menyediakan Kebutuhan Pasar

Menurut 42 persen laporan yang ditinjau CB Insights, para founder startup merasa gagal karena solusi mereka tidak dibutuhkan oleh pasar yang dituju. Dengan kata lain, masalah yang ingin mereka pecahkan tidak cukup mendesak.
Sebuah perusahaan harus selalu meninjau reaksi pengguna untuk memastikan bahwa produk mereka memberikan nilai tambah yang jelas bagi para pengguna, dan sudah menyajikan nilai tambah tersebut dengan cara terbaik.

Produk Kurang Kompetitif

Meski “jangan terlalu fokus pada kompetitor” sudah menjadi semacam “mantra” bagi dunia startup saat ini, 19 persen startup gagal karena kurang mempertimbangkan kompetitor.
Faktanya, jika sebuah ide atau pasar sudah terbukti potensinya, kamu harus siap menemui banyak pesaingKompetitor memang tidak seharusnya jadi prioritas utama, tetapi dampak pesaing terhadap bisnis kamu juga tak bisa dipungkiri.
Pastikan kamu tahu apa yang membedakan kamu dengan para kompetitor, dan bahwa faktor pembeda tersebut sudah cukup untuk menarik pelanggan.

lehighvalleylive.com

Kehabisan Dana

Alasan berikutnya relatif lebih simpel. Banyak startup gagal karena kehabisan modal sebelum mendapatkan profit atau dana tambahan. Masalah membelanjakan uang masih menjadi teka-teki bagi 29 persen startup yang merasa itu menjadi alasan kegagalan masing-masing.
Fenomena “bakar duit” tidak asing di industri startup. Perusahaan yang merugi terlebih dahulu selama proses pertumbuhan sudah lumrah.
Tetapi, pastikan ambisi kamu realistis dengan kondisi keuangan kamu. Tidak ada gunanya membuat produk sempurna atau merekrut tim ahli jika kamu kehabisan uang ketika harus mulai berjualan.
 
Untuk Anda yang tertarik atau butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaan startup sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Startup Pendidikan yang Menginspirasi di Indonesia
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot