Dalam dunia bisnis, meeting dengan klien merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan. Sukses atau tidaknya sebuah meeting ditentukan oleh kesiapan diri. Dimana Anda dapat menarik perhatian klien yang kemudian dapat berpengaruh terhadap perkembangan hubungan bisnis.
Dilansir dari jurnal.id berikut tips agar sukses meeting dengan klien, mari disimak bersama!

1. Berikan Kesan yang Baik

Dalam meeting, pasti terkadang Anda merasa gugup dan cemas. Itu semua wajar namun perlu Anda sadari agar dapat mengatasinya. Untuk memberikan kesan yang baik, cobalah untuk lebih tenang dan tunjukan kemampuan Anda secara maksimal. Mulailah berpikir positif, kuasai materi presentasi, dan cobalah berpenampilan yang rapi dan sopan.

2. Datang Tepat Waktu

libraries.ok.gov


Datang ke meeting tepat waktu adalah salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Dengan datang tepat waktu, Anda sudah menunjukkan sikap profesional dengan menghargai waktu. Hal ini tentu bisa membuat klien percaya bahwa Anda bisa mengerjakan dan menyelesaikan suatu proyek dengan tepat waktu.

3. Siapkan Materi dengan Baik

Sebelum meeting, biasanya Anda harus menyiapkan materi dalam bentuk presentasi atau yang lain. Dalam membuat materi, cobalah masukkan data yang singkat, jelas, padat, dan mudah dipahami oleh klien. Anda juga bisa menambahkan image atau ilustrasi yang memudahkan Anda dalam menjelasakan materi ke klien.

4. Berikan Kemampuan Terbaik

http://pggpayroll.com


Setelah menyiapkan materi, tunjukan kemampuan Anda dengan menguasai materi yang ingin Anda sampaikan. Pelajari semua materi yang ada untuk menjelaskan semua secara detail, sehingga Anda dapat menjawab semua pertanyaan dari klien. Dengan begitu, klien akan lebih percaya bahwa Anda bisa menjalankan suatu proyek dengan benar.

5. Feedback dan Follow up

Meskipun tujuan meeting Anda untuk mempresentasikan suatu proyek, Anda juga harus memberikan kesempatan kepada klien untuk menanyakan sesuatu atau memberikan feedback untuk kepentingan proyek. Dengan mempersilakan klien untuk bertanya, mereka akan merasa lebih dihargai.
Setelah meeting selesai, cobalah hubungi klien atau calon klien Anda untuk follow up akan kejelasan meeting tersebut. Dengan begitu, klien akan bertahan lama dengan perusahaan Anda. Jadi, lakukan komunikasi dua arah saat Anda melakukan meeting dengan klien.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Teknologi Mengubah Cara Kerja di Perusahaan
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot