Dunia startup di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan pesat dalam ranah seperti e-commerce. Namun demikian, dalam ranah lain saat ini yang juga mulai mengalami perkembangan yaitu pada ranah startup pendidikan.
Beberapa startup lokal yang ambil bagian dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan ini memberikan inspirasi untuk generasi muda. Generasi muda harus semangat untuk jadi pribadi yang maju dengan belajar.
Berikut ini adalah beberapa startup pendidikan yang telah beroperasi di tanah air.

Ruang Guru


Ruangguru adalah sebuah marketplace yang bisa menghubungkan para pelajar dengan guru-guru berkualitas. Selain itu, mereka juga menyediakan layanan materi pembelajaran yang bisa diakses secara online.
RuangGuru telah mendapat pendanaan Seri A dari Venturra Capital. Startup yang didirikan oleh Iman Usman dan Adamas Belva ini telah memudahkan para orang tua dalam mengontrol perkembangan belajar anak-anak mereka di layanan RuangGuru.
Tidak hanya itu, RuangGuru juga telah banyak menjaring pelajar dan guru dari berbagai daerah di Indonesia.

IndonesiaX


Platform kursus yang satu ini bisa dikatakan merupakan pioner dalam hal pengajaran berbasis Massive Open Online Course (MOOC) di Indonesia. Platform ini telah menjaring ribuan anggota dan melibatkan berbagai pengajar berkualitas dari institusi berpengalaman di Indonesia.
IndonesiaX juga menggandeng institusi luar negeri seperti Harvard University yang memiliki MOOC bernama EdX. Menariknya hampir seluruh kursus di platform ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Bahaso


Bahasa asing merupakan salah satu kunci dalam persaingan di era digital. Bahaso merupakan salah satu startup pendidikan yang bergerak dalam bidang pengajaran bahasa.
Aplikasi yang dibuat oleh Tyovan Ari Widagdo ini mirip seperti duolingo asal Amerika Serikat yang telah menjadi rujukan belajar bahasa di dunia. Hanya saja, sampai saat ini Bahaso masih fokus pada pelajaran bahasa Inggris.
Untuk menjaga kualitas materinya, Bahaso bekerja sama dengan Universitas Indonesia.

Wardaya College


WardayaCollege adalah sebuah situs yang memungkinkan kamu untuk belajar secara online. Selain menyediakan video pembelajaran, WardayaCollege juga menyediakan beberapa kuis gratis bagi para penggunanya.
Berbeda dari pemain serupa yang memfasilitasi berbagai pelajaran, WardayaCollege berfokus pada pelajaran matematika dan sains.

Kelase


Kelase merupakan startup  pendidikan yang bisa menyediakan platform kelas online bagi sekolah, perusahaan, maupun komunitas. Beroperasi sejak bulan Maret 2013, saat ini mereka mengklaim telah mempunyai 105.000 pengguna.
Startup yang satu ini didirikan oleh Brimy Laksamana dan Winastwan Gora untuk menyediakan alat membangun kelas daring bagi sekolah, perusahaan maupun komunitas. Kelase berusaha untuk bisa memberikan sistem pengajaran online yang mudah untuk siapapun.
Model ini sepintas mirip dengan Edmodo yang membuka secara luas modul untuk membangun kelas online. Modul kelase, lebih menyasar kepada instusi pendidikan yang telah ada di Indonesia seperti sekolah-sekolah.
Itulah beberapa startup pendidikan yang memberi inspirasi kepada generasi muda agar semangat dalam menuntut ilmu demi kemajuan bangsa. Selain nama-nama di atas, masih ada banyak startup pendidikan lain yang beroperasi di Indonesia. Semoga Indonesia menjadi lebih maju dan berkembang pada tahun kedepan.
 
Buat Kamu yang tertarik atau butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Startup Bidang Ini Dibutuhkan Indonesia Di Masa Depan
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot