Pengusaha merupakan salah satu profesi dan faktor penentu kemajuan sebuah bangsa. Melalui mereka perekonomian suatu negara dapat bertumbuh dan berkembang.
Kisah para pengusaha sukses di Indonesia yang tidak jarang menjadi bahan inspirasi banyak orang serta memberi dorongan untuk memulai bisnis. Berikut 5 pengusaha sukses di Indonesia yang memiliki kisah memberi pembelajaran serta motivasi untuk kita, yuk mari disimak!

1. Diajeng Lestari – Hijup


Mantan karyawan di salah satu perusahaan ternama ini terkenal karena usahanya yang membuat sebuah marketplace yang menjembatani produsen pakaian muslimah dengan konsumen, yang tidak hanya dalam skala nasional, namun juga internasional, dengan nama Hijup.
Pendirian Hijup sendiri berdasarkan dari pengalaman pribadinya saat masih menjadi karyawan, dimana dia selalu mengalami kesulitan untuk mendapatkan pakaian muslimah yang fashionable.
Pada awal berdirinya Hijup, Diajeng Lestari harus merangkap ke dalam beberapa posisi untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya.
Namun, istri dari pengusaha sukses, Ahmad Zaky, ini tidak menyerah begitu saja. Dengan dukungan kuat yang diberikan oleh suaminya, menjadikan Hijup dapat diterima dan dikenal luas.
Bahkan, Hijup kini menjelma menjadi salah satu pusat belanja pakaian muslim terbesar, tidak hanya di Indonesia, namun juga dalam skala dunia.

2. William Tanuwijaya – Tokopedia


Tidak semua pengusaha muda yang ada di Indonesia berasal dari keluarga berkecukupan. Salah satunya adalah William Tanuwijaya ini, yang mana sejak kecil dia terbiasa untuk hidup secara sederhana.
Berasal dari keluarga yang kurang berkecukupan tidak membuat William patah semangat. Dia dikirim ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan walau dia harus menghidupi dirinya dan juga biaya pendidikannya sendiri, yang mana salah satunya adalah dengan menjadi seorang penjaga warnet.
Ide untuk mendirikan platform belanja online sendiri datang saat dia yang menyadari bahwa minat masyarakat untuk berbelanja secara online semakin tinggi namun belum ada platform yang aman dan nyaman untuk melakukan hal tersebut.
Berangkat dari hal tersebut, William kemudian mencari investor kesana kemari untuk mewujudkan idenya tersebut. Namun, banyak investor yang dia temui meragukan idenya tersebut.
Tidak patah semangat, William terus mencari investor sehingga bertemulah dia dengan salah satu investor yang berasal dari Jepang yang setuju untuk memberikan pendanaan. Dari situlah kemudian William bisa mengembangkan idenya hingga berhasil menjelma menjadi salah satu marketplace yang sangat besar

3. Rizka Wahyu Romadhona – Lapis Bogor Sangkuriang


Seseorang yang memiliki jiwa pengusaha sejatinya tidak pernah terpuruk atas kegagalan yang dialaminya, seperti halnya yang dilakukan oleh Rizka Wahyu Romadhona ini. Kegagalan berbisnis Rizka terjadi saat dia berbisnis bakso.
Pada awalnya, bisnis tersebut berjalan sangat lancar dengan mendapatkan omset yang sangat besar, hingga dia berani untuk melepas jabatan pekerjaannya di suatu perusahaan. Namun, usahanya tersebut tidak berumur panjang, karena banyak mitranya yang berbuat curang sehingga menyebabkan kerugian bagi Rizka.
Tidak menyerah dengan keadaan yang menimpanya, Rizka bangkit dengan mencari ide baru untuk bisnisnya. Terbesitlah ide untuk membuat lapis Bogor ini atas kejeliannya membaca peluang dari tempat tinggalnya, Bogor.
Dengan modal sedikit, Rizka bersusah payah untuk membuat dan memasarkan produknya ini. Awal penjualan dia lakukan secara door to door. Setelah mendapat respon baik, Rizka menjajal bisnisnya itu ke instansi pemerintah dan mendapatkan respon yang sangat baik juga.
Dibantu oleh instansi pemerintah, usahanya kemudian semakin melesat, menjadikan produk usahanya dapat memberikan omset yang sangat besar.

4. Kevin Mintaraga – Bridestory


Zona nyaman memang dapat membuat kita terlena. Namun, sebagai seseorang yang memiliki jiwa enterpreneur tentu zona nyaman adalah sesuatu hal yang harus ditembus. Seperti halnya yang dilakukan oleh Kevin Mantaraga.
Kenyataan yang harus dia terima saat dia berada di zona nyaman membuatnya harus memutar otak untuk bisa bertahan hidup. Membaca peluang dari ranah digital marketing, Kevin kemudian mendirikan Magnivate.
Perusahaan tersebut mencapai keberhasilan hingga diakuisisi oleh perusahaan periklanan dan kehumasan terbesar di dunia yang berasal dari Inggris. Namun, zona nyaman yang sedang dia nikmati ditembus lagi olehnya dengan meninggalkan perusahaan tersebut.
Kemudian pada tahun 2014 dibuatlah Bridestory, yakni marketplace pernikahan yang menghubungkan vendor dengan calon pengantin yang berasal dari kejeliannya untuk membaca peluang bisnis dari bidang pernikahan ini.

5. Marlissa Dessy – Emerhub


Marlissa Dessy memiliki gelar sarjana di bidang akuntansi dan saat ini sedang menyelesaikan magister hukum di Universitas Indonesia. Beliau adalah seorang yang diakui dengan baik di bidang pendirian perusahaan, lisensi dan merupakan pembicara kompeten yang sering tersorot di Indonesia dan luar negeri mengenai topik terkait.
Majalah SWA baru mencantumkan beliau sebagai salah satu pengusaha wanita yang paling inspiratif di Indonesia. Emerhub beroperasi dari tahun 2011 dan telah menyediakan berbagai pelayanan kepada perusahaan internasional dan nasional, seperti perizinan, visa bagi orang asing yang ingin mengunjungi Indonesia, izin kerja, jasa pengolaan penggajian akuntansi, dan pajak serta layanan pendukung lainnya.
Emerhub kini telah memperluas ekspansi bisnisnya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga Vietnam, Filipina, Hongkong, dan akan ke beberapa negara lain dalam beberapa waktu kedepan.
Kisah kelima pengusaha sukses di Indonesia tadi bisa menjadi inspirasi kamu untuk memulai berbisnis. Ide bisnis bisa bermula dari mana saja, mulai dari cerita inspiratif hingga ide iseng yang tiba-tiba muncul begitu saja.
Asal kamu tak kenal lelah untuk terus berkreasi dan berinovasi, kamu pasti bisa membuat usahamu berkembang dan maju!
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: 5 Pengusaha Sukses di Indonesia Yang Mengawali Usaha dari Hobinya
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot