Sejalan dengan ekosistem yang mulai terbentuk, kreator Internet of Things mulai unjuk gigi dalam mengembangkan produk IoT. Pertumbuhan di sektor consumer mungkin masih belum begitu memuaskan. Namun begitu, tren IoT kian tumbuh sehat.
Dilansir dari dailysocial.id berikut adalah 5 inovasi IoT yang berpotensi menjadi startup besar, mari disimak!

1. Hara

haratoken.io


Hara adalah produk IoT yang dikembangkan untuk menangani permasalahan di sektor pertanian dan pangan.
Fitur utama dari produk ini ialah aplikasi smartphone untuk mengambil data, web-based analytic, dan prediksi hasil panen yang disertai rekomendasi untuk para petani (misalnya, pupuk seperti apa yang perlu digunakan).

2. Qlue

cdns.klimg.com


Salah satu cita-cita startup pengembang layanan yang menghubungkan antara pemerintah dengan masyarakat ini adalah ingin berinovasi mengembangkan produk smart city berbasis IoT, khususnya untuk diterapkan di wilayah perkotaan.
Misalnya pengembangan traffic lamp yang terhubung ke sebuah command center, kotak sampah pintar, dan juga air pollution detector. Hal tersebut bermanfaat saat smart city menjadi kebutuhan di perkotaan.

3. Spekun

googleusercontent.com


Telkomsel bekerja sama dengan Banopolis mengembangkan bike sharing pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi NB-IoT lewat aplikasi Spekun.
Bike sharing adalah sebuah konsep layanan peminjaman sepeda kepada publik dalam jangka waktu tertentu dari satu titik lokasi ke titik lokasi lainnya.

4. eFishery

dealstreetasia.com


eFishery adalah alat pemberi pakan ikan otomatis. Alat ini tidak hanya mengotomatisasi pemberian pakan secara terjadwal dengan dosis yang tepat, tetapi juga mencatat setiap pemberian pakan secara real-time.

5. Nodeflux

cloudfront.net


Nodeflux adalah platform dengan kemampuan komputasi terdistribusi dan juga kemampuan menyebarkan “brain”, komputasi dan kecerdasan buatan secara scalable. Di sini “brain” yang dimaksud dapat digunakan untuk implementasi pada pengolahan seperti Big Data, IoT dan Machine Learning.
Kelima produk invoasi tersebut merupakan karya kreator bangsa. Ekosistem di Indonesia sudah mulai mendukung dalam pemanfaatan Internet of Things di ranah industri.
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: Membangun Bisnis Coworking Space di Indonesia
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot