Bisnis besar tidak jarang dimulai dari hal yang sangat sederhana dan berangkat dari tempat yang tidak terduga. Esensi dari bisnis yang besar adalah dimulai dari semangat dan tujuan yang jelas serta dapat memberi kemanfaatan yang luas untuk banyak orang.
Beberapa bisnis dibawah ini dimulai dari sebuah tempat yang umum digunakan bukan untuk usaha. Nah silakan disimak 5 Bisnis besar yang dimulai dari sebuah garasi rumah.

1. Disney


Layaknya kisah-kisah dongeng Disney, kehidupan para pendirinya berakhir dengan akhir yang bahagia. Walt dan Roy Disney membangun studio film di sebuah garasi miliki paman mereka pada tahun 1923.
Karir mereka dimulai dengan membuat film Alice Comedies yang merupakan bagian dari seri animasi Alice in Wonderland. Dalam perjuangan menuju kesuksesannya, Disney sempat mengalami banyak kesulitan termasuk dalam mencari distributor.
Kini, Disney adalah salah satu perusahaan media dan hiburan dengan pendapatan terbesar di dunia. Berbagai karyanya pun menjadikan Disney perusahaan yang terdepan dalam pembuatan kartun dan film anak-anak, serta menjadi inspirasi bisnis bagi para penerusnya.

2. Amazon


Amazon.com adalah website belanja online terbesar yang awalnya didirikan oleh Jeff Bezos sebagai toko buku online pada tahun 1994. Di tahun itu, Bezos yang berumur 30 tahun memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai Senior Vice President Wall Street sebelum membangun Amazon.
Inspirasi bisnis barunya itu pun datang di garasi miliknya di Washington. Uang sebesar $40,000 ia investasikan sebagai modal untuk memesan, menjual, dan mengantarkan buku-buku ke 48 negara yang berbeda.
Bezos berhasil menjual buku pertamanya pada bulan Juli, 1995. Dua tahun kemudian, ia mengumumkan Intial Public Offering (IPO), dan kini Amazon telah menjadi online retailer terbesar di dunia.

3. Hewlett-Packard (HP)


Pada tahun 1939, Bill Hewlett dan Dave Packard mendirikan HP di garasi milik Packard dengan modal awal $538. Produk awal yang berhasil menyukseskan mereka adalah audio oscillator (HP200A) yang dijual kepada Walt Disney guna meningkatkan sistem suara untuk film Fantasia.
Dibelinya delapan oscillator oleh Walt Disney menjadi gebrakan awal HP. Kini, HP telah menjadi perusahaan besar yang terus berinovasi dalam menciptakan berbagai komputer, laptop, dan aksesoris komputer.
Pada tahun 2000, garasi milik Packard di Palo Alto diubah menjadi museum yang dikenal sebagai lahirnya Silicon Valley, dan menjadi inspirasi bisnis besar dalam industri teknologi Amerika.

4. Google


Mungkin Anda tidak percaya, tapi search engine terbesar di dunia ini lahir di sebuah garasi. Larry Page dan Sergey Brin, para lulusan Stanford University, menyewa sebuah garasi milik teman mereka pada tahun 1998.
Mereka bekerja siang dan malam selama berbulan-bulan untuk menciptakan Google. Mereka berambisi untuk membuat sebuah website yang dapat mengatur dan menyimpan segala informasi yang bisa diakses semua orang.
Kini, Google adalah search engine yang paling sering digunakan di dunia. Menjadi inspirasi bisnis untuk banyak perusahaan teknologi, Google terus berinovasi melalui beragam aplikasi lain seperti Gmail, Google+, dan Google Drive.

5. Apple


Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne layak untuk mendapatkan gelar ‘from zero to hero’. Inspirasi bisnis mereka bermula di sebuah garasi milik orang tua Steve Jobs pada tahun 1976.
Dalam 30 hari, mereka membuat 50 unit komputer pertama Apple yang kemudian masing-masing terjual sebesar $500. Para pendiri Apple akhirnya berhasil menghasilkan jutaan dolar dari hasil penjualan produk Macintosh.
Kini, Apple adalah salah satu pemimpin dalam revolusi teknologi dan menjadi inspirasi bisnis besar bagi beragam perusahaan teknologi lainnya.
Kisah kelima pengusaha-pengusaha tadi bisa menjadi inspirasi kamu untuk memulai berbisnis. Ide bisnis bisa bermula dari mana saja, mulai dari cerita inspiratif hingga ide iseng yang tiba-tiba muncul begitu saja.
Asal kamu tak kenal lelah untuk terus berkreasi dan berinovasi, kamu pasti bisa membuat usahamu berkembang dan maju!
 
Butuh bantuan untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telepon atau whatsapp ke +62888-3637482 (EMERHUB), dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung!
Kunjungi Juga: 6 Hobi Yang Bisa Kamu Jadikan Peluang Bisnis Online Shop
 

Siap untuk memiliki perusahaan di Indonesia?

Dengan mengisi form mudah, unggah dokumen yang dibutuhkan, dan dapatkan perusahaanmu berdiri dalam lima hari kerja.

Mulai Sekarang
App screenshot